Headlines News :
Home » » Tips Meredam Marah

Tips Meredam Marah

Written By Semesta Ilmu on Sabtu, 10 Oktober 2009 | 05.14

Marah dan emosi adalah tabiat manusia. Kita tidak dilarang marah, namun diperintahkan untuk mengendalikannya agar tidak sampai menimbulkan efek negatif. Dalam riwayat Abu Said al-Khudri Rasulullah s.a.w. bersabda "Sebaik-baik orang adalah yang tidak mudah marah dan cepat meridlai, sedangkan seburuk-buruk orang adalah yang cepat marah dan lambat meridlai" (H.R. Ahmad). DAlam riwayat Abu Hurairah dikatakan "Orang yang kuat tidaklah yang kuat dalam bergulat, namun mereka yang bisa mengendalikan dirinya ketika marah" (H.R. Malik).

Menahan marah bukan pekerjaan gampang, sangat sulit untuk melakukannya. Ketika ada orang bikin gara-gara yang memancing emosi kita, barangkali darah kita langsung naik ke ubun-ubun, tangan sudah gemetar mau memukul, sumpah serapah sudah berada di ujung lidah tinggal menumpahkan saja, tapi jika saat itu kita mampu menahannya, maka bersyukurlah, karena kita termasuk orang yang kuat.

Cara-cara meredam atau mengendalikan kemarahan :
1. Membaca Ta'awwudz. Rasulullah bersabda "Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu "A'uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim" "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk" (H.R. Bukhari Muslim).

2. Berwudlu. Rasulullah bersabda "Kemarahan itu itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah" (H.R. Abud Dawud).

3. Duduk. Dalam sebuah hadist dikatakan"Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah" (H.R. Abu Dawud).

4. Diam. Dalam sebuah hadist dikatakan "Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah" (H.R. Ahmad).

5. Bersujud, artinya shalat sunnah mininal dua rakaat. Dalam sebuahhadist dikatakan "Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di
lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud)." (H.R. Tirmidzi)

Wallahu a'lam bissowab

Sumber : http://www.pesantrenvirtual.com/index.php/component/content/article/1-tanya-jawab/1118-tips-meredam-marah
Share this post :

+ komentar + 7 komentar

Anonim
22 Desember 2009 pukul 18.09

Saya berusaha melakukan beberapa hal diatas untuk meredam amarah saya dan berusaha untuk melupakan masalah yg membuat saya marah, namun sepertinya orang yg membuat saya marah itu tidak pernah mengerti selalu saja mengulangi dengan berulang-ulang apa yg tidak saya inginkan.padahal apa yg saya inginkan dalam koridor yang ALLAH sukai...apa yang harus saya lakukan?

idha
22 Desember 2009 pukul 19.34

inilah kunci yg jitu,,,,
seneng bacanya,,,dapat pengalaman&pengetahuan baru lagi,,,

solehat kusmana
22 Desember 2009 pukul 20.36

terima kasih untuk tipsnya insya allah bermanfaat

Anonim
28 Desember 2009 pukul 00.36

utk ADMIN
Afwan, klo boleh kasih saran, akan lebih baik jika font di ganti, klo bs jgn comic sans atopun font lain yg huruf t-nya berbentuk spt salib. Ini pengalaman sy yg sgt berharga (utk sy), ktika font di yahoo messenger sy sy set dgn comic san, tiba2 ada salah seorang saudara muslim yg memberikan nasehat utk mengganti font sy, itu sgt berarti utk sy. tq :)

Anonim
12 Januari 2010 pukul 15.45

betul sekali saya apa bila marah akan diam beberapa lama sampai saya bisa bicara dg tidak menaikkan nada suara, terimakasih infnya

Anonim
12 Januari 2010 pukul 16.18

Alhamdulillah,dapat ilmunya.FainsAllah berguna bagi Aq&minta Doa untuk benar2 dapat menerapkannya dikehidupan Aq&orang sekitarq

12 Januari 2010 pukul 18.16

ada tehnik yang dikenalkan, namanya EFT, emotional freedom tehnik. Metode ini ga cuma bahas marah, tapi semua emosi negatif. bisa dilakukan sendiri, dipelajari dengan cepat, ga sampe 1 hr juga bisa, insyaallah syar'i. bila ada yg ingin informasi bisa japri ana nuryawanto@consultant.com, afwan bukan sekedar jualan, tapi masyarakat indonesia perlu ini, karena tingkat keimanan seseorang berbeda, nah ketika marah masih belum bisa dikendalikan dengan tips2 diatas, EFT mudah2an bisa bantu, tentu dengan mohon kepada Allah. Ana kasih gratis demo & preview buat jabodetabek, boleh di pengajian, sekolah, kantor, dll. Afwan udah panjang lebar. bisa juga liat di www.eft.co.id

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tips dan Trik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger